https://mojokerto.times.co.id/
Berita

Lestarikan Kesenian Daerah, Pemkot Mojokerto Kembali Gelar Lomba Patrol

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:46
Lestarikan Kesenian Daerah, Pemkot Mojokerto Kembali Gelar Lomba Patrol Pembukaan Lomba Patrol oleh Pj. Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro di depan Balai Kota Mojokerto. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES MOJOKERTO, MOJOKERTOPemkot Mojokerto kembali mengadakan Lomba Patrol Ramadan melibatkan ratusan siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, serta Karang Taruna se-Kota Mojokerto sebagai peserta.

Pemukulan kentongan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro secara serentak bersama sejumlah tamu VVIP menandai dimulainya Lomba Patrol Ramadhan 2024.

Berbeda dengan tahun kemarin, rute lomba patrol tahun ini mengambil start dari Balai Kota Mojokerto menuju jalan Gajah Mada, berbelok ke jalan Taman Siswa, menuju jalan Letkol Sumarjo, jalan A Yani, dan finish di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Ali Kuncoro menuturkan bahwa seni musik patrol telah ada sejak sebelum Indonesia merdeka, untuk itu musik patrol sangat penting untuk terus dilestarikan.

Kesenian patrol juga mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan alat musik lain karena alat musik utamanya hanyalah berupa kentongan yang terbuat dari kayu atau bambu.

“Musik patrol ini salah satu kesenian tradisional yang alunannya mampu menciptakan harmonisasi indah yang memiliki daya tarik khusus, yang bisa mempersatukan masyarakat,” tuturnya, Kamis (28/3/2024).

Selain itu musik patrol juga kerap digunakan oleh masyarakat sebagai alat membangunkan warga agar segera sahur pada saat bulan Ramadan.

Untuk itu Ali Kuncoro berharap lomba patrol ini akan menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Ramadan untuk menarik wisatawan melalui event berdampak.

“Saya berharap agenda lomba musik patrol tradisional ini dapat dimasukkan ke dalam agenda rutin tahunan untuk menarik wisatawan datang ke Kota Mojokerto,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Ali Kuncoro juga mengapresiasi para peserta yang telah semangat mengikuti lomba patrol, dan juga kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut sehingga acara dapat berlangsung dengan meriah.

Lomba musik patrol ini diikuti sebanyak 11 kelompok dari gugus SD/MI, 16 kelompok dari gugus SMP/MTs, 8 kelompok dari gugus SMA/SMK, dan 6 kelompok dari gugus karang taruna.

Dari puluhan kelompok peserta tersebut, nantinya akan ditentukan pemenang dari setiap kategori. Masing-masing pemenang Lomba Musik Patrol Ramadhan akan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam, serta uang pembinaan.

Bahkan secara khusus Ali Kuncoro juga akan memberikan tambahan uang pembinaan sebesar 2,5 juta rupiah untuk pemenang pada masing-masing kategori. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mojokerto just now

Welcome to TIMES Mojokerto

TIMES Mojokerto is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.