Gaya Hidup

Tips Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Selama Puasa

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:11
Tips Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Selama Puasa Ilustrasi Menggunakan Lip Balm. (FOTO: AnastassiyaBezhekeneva/Shutterstock)

TIMES MOJOKERTO, JAKARTA – Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim di seluruh dunia salah satunya Indonesia pada saat Ramadan tiba. Dan saat kita menjalani puasa, tidak jarang bibir pecah-pecah dan pucat. Penyebabnya bisa karena dehidrasi atau kekurangan vitamin.

Nah berikut adalah tips-tips yang bisa kamu gunakan agar bibir kamu tetap sehat meskipun saat menjalankan ibadah puasa.

1. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur atau Berbuka

Saat kita berpuasa, kita akan mengalami dehidrasi dan akan menyebabkan bibir kita menjadi kering dan pecah-pecah. Nah, agar kamu terhindar dari itu kamu harus perbanyak minum air agar dapat mengganti asupan cairan dalam tubuh kamu.

Kamu bisa menggunakan metode 2-4-2 saat puasa, yaitu minum 2 gelas air saat sahur, 4 gelas air saat semalaman, dan 2 gelas saat buka puasa.

2. Hindari Minum Minuman berkafein saat Sahur atau Berbuka

Tips selanjutnya yaitu kamu bisa menghindari minuman berkafein selama kamu puasa agar terhindar dari bibir yang kering. Karena kafein bisa membuat kelembapan pada kulit kamu bisa berkurang.

Jadi kamu bisa hindari minuman ini, atau kamu bisa mengurangi minuman ini maksimal 1 cangkir dalam sehari.

3. Eksfoliasi Bibir Secara Rutin

Saat kamu mengalami bibir kering tandanya bibir kamu mengalami penumpukan sel kulit mati. Agar sel kulit mati rontok, kamu bisa men scrub bibir kamu secara rutin dengan menggunakan campuran gula dan madu.

Kamu bisa menggunakannya secara rutin yaitu 3 kali dalam seminggu, untuk hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Lip Balm Secara Rutin

Menggunakan produk lipbalm bisa menjadi solusi cepat dan praktis dalam menangani bibir kering. Selain produk mudah didapatkan, harga produk lipbalm tidak terlalu mahal.

Kamu bisa gunakan lipbalm saat ingin mengaplikasikan lipstik pada bibir kamu agar tidak kering, atau juga kamu bisa gunakan produk ini saja. Karena beberapa lipbalm terdapat warna agar bibir kamu tidak terlihat pucat.

5. Hindari Menjilat Bibir

Siapa sangka yang kiranya menjilat bibir dapat melembapkan bibir kamu ternyata itu salah, karena air liur dapat membuat bibir kamu semakin kering.

Jadi, kamu yang memiliki kebiasaan menjilat bibir saat bibir kamu kering stop mulai sekarang, karena hal itu dapat memperburuk bibir pecah-pecah kamu. (*)

Pewarta : Farahilah Maitsa Soraya (MG-350)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mojokerto just now

Welcome to TIMES Mojokerto

TIMES Mojokerto is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.