Berita

[CEK FAKTA] Vaksin CanSino Membentuk Imunitas 100 Persen dalam 14 Hari

Jumat, 05 Maret 2021 - 08:55
[CEK FAKTA] Vaksin CanSino Membentuk Imunitas 100 Persen dalam 14 Hari Informasi vaksin CanSino membentuk imunitas 100 persen dalam 14 hari beredar di WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMES MOJOKERTO, JAKARTA – Informasi tentang Vaksin Covid-19 CanSino yang membentuk imunitas 100 persen dalam 14 hari, beredar di aplikasi pesan WhatsApp. Dalam pesan yang tersebar secara berantai itu juga disebutkan bahwa vaksin CanSino telah lolos izin edar pada 25 Februari.

Vaksin Covid-19 CanSino juga disebut lebih efektif dan cepat membentuk imunitas dalam 14 hari setelah 1 kali disuntik.

Berikut informasi lengkap yang beredar melalui pesan WhatsApp:

Barusan dapat berita mengejutkan dunia bahwa China telah berhasil dengan Vaksin terbaru nya “CanSino” tgl 25/2 lalu sdh lulus ijin edar di China...Vaksin ini Hanya Cukup 1x Dosis Suntikan dlm 14 Hari imunitas bisa terbentuk 100%. China memang luar biasa

cek-fakta-Vaksin-CanSino-3.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait Vaksin CanSino yang membentuk imunitas 100 persen dalam 14 hari merupakan informasi hoaks. Informasi tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukungnya.

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia melakukan penelusuran melalui mesin pencari. Hasil penelusuran mengarah ke akun Youtube @CGTN. Dalam video tersebut memang dijelaskan bahwa vaksin CanSino sudah mendapat izin EUA.

Vaksin tersebut disuntikkan satu kali, berbeda dengan vaksin covid-19 lain yang harus disuntik dua dosis. Video tersebut juga menjelaskan efikasi vaksin covid-19 buatan CanSino mencapai 68 persen 14 hari setelah disuntikkan ke tubuh.

Vaksin ini juga menggunakan teknologi Engineered Virus dan bisa disimpan dalam kulkas yang tidak terlalu rendah temperaturnya. Video juga mengambil kutipan dari Chen Wei, peneliti dari Institute of Military Medicine Academy of Military Sciences yang mengembangkan vaksin CanSino.

"Vaksin kami hampir 100 persen efektif mencegah gejala berat di Pakistan dan hasil penelitian di tempat lain di seluruh dunia juga lebih dari 90 persen," ujar Chen.

cek fakta Vaksin CanSino 4Sumber: China approves homegrown single-dose vaccine CanSino | YouTube

Kemudian, menurut sumber Global Times berjudul "Similar results prove feasibility of adenovirus vector COVID-19 vaccines" yang tayang 28 Februari 2021, dijelaskan berdasar data CanSinoBIO yang diungkap awal bulan ini, vaksin tersebut menunjukkan tingkat kemanjuran 90,98 persen dalam mencegah penyakit parah dalam analisis sementara, dan efektif dalam mencegah 65,7 persen penyakit bergejala dalam uji klinis.

cek fakta Vaksin CanSino 5Sumber: Similar results prove feasibility of adenovirus vector COVID-19 vaccines | Global Times

Penelusuran lebih lanjut juga menemukan hasil riset Vaksin Covid-19 CanSino, yang dipublikasikan dalam situs The Lancet, 

cek fakta Vaksin CanSino 6Sumber: The Lancet

Kemudian, penelusuran tim CEK Fakta juga mengarah dalam artikel Liputan6. Tim Cek Fakta Liputan6.com yang juga melakukan penelusuran terhadap informasi ini mendapatkan penjelasan dari dr. Muhamad Fajri Adda'i. Fajri menjelaskan seluruh vaksin yang ada bisa digunakan masyarakat.

"Pakai vaksin covid-19 yang ada di depan mata kita, itu yang penting. Pasalnya yang kita kejar adalah herd immunity secepat mungkin tanpa harus ada yang sakit lebih dahulu," ujar dr. Fajri saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (4/3/2021).

cek fakta Vaksin CanSino 7Sumber: Cek Fakta: Tidak Benar Pesan Berantai Berisi Informasi Vaksin Covid-19 Buatan CanSino | Liputan6

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai Vaksin CanSino yang membentuk imunitas 100 persen dalam 14 hari merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang Vaksin Covid-19 CanSino yang membentuk imunitas 100 persen dalam 14 hari, masuk dalam kategori False context (konteks keliru).

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mojokerto just now

Welcome to TIMES Mojokerto

TIMES Mojokerto is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.