Berita

Bank Indonesia Kembali Bikin KKI 2021 Seri 1, Ini Empat Agenda Khususnya

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:51
Bank Indonesia Kembali Bikin KKI 2021 Seri 1, Ini Empat Agenda Khususnya Gubernur BI membuka KKI 2021 Seri 1 secara daring. (foto: BI for TIMES Indonesia)

TIMES MOJOKERTO, JAKARTABank Indonesia (BI) terus bersinergi mendukung Pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI). Komitmen tersebut antara lain diwujudkan melalui penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia atau KKI 2021 Seri 1

Pada seri 1 ini bertema “Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata. Acara yang digelar pada 3-31 Maret 2021 di Lombok dan turut disiarkan secara virtual. 

Bank Indonesia KKI 2021 2

Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam sambutan Pembukaan KKI 2021 seri 1 hari ini (3/3/2021) menyampaikan 4 hal yang akan didorong dalam KKI 2021 seri 1 sebagai bagian dari dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI.

Pertama, tema KKI 2021 seri 1 dengan tagar #EksotismeLombok untuk mendorong pariwisata dan UMKM dari Nusa Tenggara Barat. Kedua, memperluas penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) ke seluruh Indonesia dengan menggerakkan 46 Kantor Perwakilan BI di dalam negeri, khususnya meningkatkan pengunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM). 

Bank Indonesia KKI 2021 3

Ketiga, mengunggah produk-produk UMKM ke dalam platform digital e-katalog. Melalui e-katalog dan pembayaran yang mudah menggunakan QRIS, masyarakat semakin mudah mendapatkan akses menjangkau produk UMKM. Keempat, sinergi dalam mensukseskan Gernas BBI dan BWI. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengapresiasi langkah BI mendukung kesuksesan Gernas BBI dan BWI melalui implementasi QRIS dengan target 12 juta merchant pengguna QRIS di tahun 2021.

Bank Indonesia KKI 2021 4

Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menteri Komunikasi dan Informatika turut memberikan testimoni mengenai keunggulan UMKM dan pariwisata Indonesia.

Untuk mendorong kemajuan pariwisata daerah, dalam kesempatan acara, BI juga menyerahkan bantuan Program Dedikasi untuk Negeri untuk pengembangan desa wisata hijau Bilebante. Bantuan diserahkan langsung oleh Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono. 

Bank Indonesia KKI 2021 5

Berbeda dibandingkan penyelenggaraan KKI pada tahun sebelumnya, penyelarasan kegiatan KKI 2021 dengan Gernas BBI dan BWI bertujuan memberikan nilai tambah dan dampak yang lebih besar dalam mendukung kemajuan UMKM. 

KKI 2021 berfokus pada penguatan peran daerah dalam mempromosikan produk-produk UMKM, perluasan cakupan UMKM yang difasilitasi (binaan dan non binaan), dan perluasan jangkauan promosi produk UMKM hingga luar negeri melalui edukasi dan webinar potensi pasar global kepada UMKM, business matching; serta fasilitasi keikutsertaan UMKM pada pameran/showcase. 

Bank Indonesia KKI 2021 6

KKI 2021 seri 1 diikuti oleh 421 UMKM yang berpartisipasi dalam pameran produk virtual/online yang terdiri dari 136 pengrajin kain/fashion, 145 pengusaha makanan dan minuman, 92 pelaku kriya, dan 48 UMKM Kopi. Selain itu, sebanyak 678 UMKM juga turut berpartisipasi dalam pameran fisik melalui 46 Kantor BI di dalam negeri. 

Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk menghadiri berbagai rangkaian kegiatan KKI secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id. Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI menyediakan menu katalog dan kontak pada website KKI 2021 Seri 1.  (*)

Pewarta :
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mojokerto just now

Welcome to TIMES Mojokerto

TIMES Mojokerto is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.