Berita

Bupati Mojokerto Instruksikan Pabrik Sediakan Tempat Isolasi Terpusat

Kamis, 29 Juli 2021 - 12:03
Bupati Mojokerto Instruksikan Pabrik Sediakan Tempat Isolasi Terpusat Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati (pojok kanan) saat melakukan pengecekan prokes di perusahaan, Rabu (28/7/2021). (FOTO: Prokopim Kabupaten Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMES MOJOKERTO, MOJOKERTOBupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, bersama Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Dandim 0815 Letkol Inf. Beni Asman dan Kajari Kabupaten Mojokerto Gaos Wicaksono, melakukan pengecekan protokol kesehatan secara langsung di dua pabrik makanan minuman yakni PT. Yakult dan PT. Aice di kawasan Ngoro Industrial Park (NIP) Kecamatan Ngoro, Rabu (28/7/2021) siang.

Dari hasil sidak ini, Forokopimda Mojokerto memberi beberapa saran dan rekomendasi terkait pengetatatan prokes di lingkungan industri. Instruksi Bupati antara lain checklist kesehatan terstandar prokes Covid-19, sistem pengamanan kesehatan mulai dari jam shifting, karyawan masuk, kerja di ruang produksi, istirahat, tempat ibadah, pulang hingga penegakan diagnosa status kesehatan karyawan.

Ikfina-Fahmawati-2.jpgForkompimda Kabupaten Mojokerto saat mengamati penerapan protokol kesehatan di pabrik mamin di Kabupaten Mojokerto, Rabu (28/7/2021). (FOTO: Prokopim Kabupaten Mojokerto for TIMES Indonesia)

Salah satu yang paling ditekankan bupati selaku Ketua Satgas Covid-19, adalah aturan penyediaan tempat isolasi dengan sistem terpusat yang disediakan oleh perusahaan. Aturan ini mengacu pada SE Kementerian Perindustrian RI No. 3/2021 tentang Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

"Pemerintah saat ini tidak mengizinkan isoman, melainkan di satu tempat terpusat agar bisa dipantau. Jadi misal ada karyawan terpapar, perusahaan pun harus siapkan tempat isolasi terpusat khusus untuk karyawannya. Itu salah satu yang kami minta dalam pengecekan di dua pabrik hari ini. Untuk Yakult tadi ada kerjasama dengan Puskesmas Ngoro. Prokesnya bagus. Lalu di Aice, tadi kita juga saran agar meja kantin disekat. Karena masih saya temukan satu meja digunakan dua orang," kata bupati sebagaimana keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Kamis (29/7/2021).

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Mojokerto sedang mempersiapkan tempat isolasi terpusat, yang direncanakan di Gedung Diklat Claket Kecamatan Pecet dengan nama 'Pondok Sehat Covid-19 Kabupaten Mojokerto'.

"Rencana tempat isolasi terpusat ada di Claket. Tinggal dipenuhi fasilitas kelengkapannya. Nanti kita sediakan bed sekitar 202, dan lokasi ini khusus untuk OTG. Untuk kertersediaan oksigen, kita pastikan cukup aman untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Mojokerto. 24 jam terpakai, 24 berikutnya pasti telah kami siapkan lagi dengan cermat," kata Bupati Mojokerto. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mojokerto just now

Welcome to TIMES Mojokerto

TIMES Mojokerto is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.